5 Lokasi Wisata Alam Kece di Ibu Kota Negara, Penajam Paser Utara

5 Kegiatan Paling Seru untuk Liburan Akhir Tahun, Lebih Berfaedah!
December 30, 2019
4 Penyebab Radiator Mobil Bermasalah, Cek Sebelum Bepergian!
January 2, 2020

Rajatransit, Rental Mobil Balikpapan – Kabupaten Penajam Paser Utara, sebagai salah satu lokasi pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ternyata menyimpan beragam lokasi wisata kece yang cocok untuk dikunjungi saat liburan pergantian malam tahun baru.

Wisata alam menarik bisa jadi tempat favorit untuk menghilangkan kejenuhan karena kesibukan sehari-hari. Apa saja lokasi wisata favorit wisatawan di Penajam Paser Utara, simak di sini, yuk!

1. Pantai Tanjung Jumlai

Pantai Tanjung Jumlai yang berada di Kecamatan Penajam ini  memiliki bentang pantai dari Kelurahan  Kampung Baru, Kelurahan Saloloang sampai Kelurahan Tanjung Tengah dengan panjang garis pantai sekitar 15 km dan lebar bibir pantai sekitar 100 m sampai dengan 150 m dan berhadapan langsung dengan selat Makassar.

Pohon-pohon kelapa di sepanjang bentang pantai menambah suasana menyenangkan di sini. Deretan pohon kelapa menciptakan suasana sejuk ditambah pemandangan laut yang menawan.

Tidak salah jika lokasi ini sangat cocok untuk dijadikan tempat liburan atau kegiatan lainnya bahkan lokasi ini pernah dijadikan sebagai tempat penyelenggaraan festival layang layang internasional

Meskipun tidak selengkap seperti di pantai Kuta Bali, pantai ini juga dilengkapi dengan fasilitas penunjang seperti tempat duduk yang berderet di sepanjang pantai, WC umum, fasilitas penyewaan ban untuk berenang. Dan sepanjang pantai terdapat kios warga sekitar menyediakan berbagai jenis makan dan minuman atau kuliner sesuai dengan warna wisata lokasi itu.

2. Pantai Nipah – Nipah

Pantai Nipah – nipah awalnya bernama Sipakario dan berada di Kelurahan Nipah – Nipah, Kecamatan Penajam. Pantai keren ini bisa menjadi pilihan wisata bahari yang juga menjadi pilihan sebagai tempat wisata di calon ibu kota baru Indonesia.

Para wisatawan selain dapat menikmati pemandangan laut lepas juga dapat melihat kota Balikpapan yang terlihat jelas karena sisi sebelah kiri tepat menghadap Kota Minyak di seberang Teluk Balikpapan, yang dulu sering disebut Hongkong di waktu malam.

Pantai Nipah-nipah ini cukup populer bagi penduduk setempat, pasalnya, lokasi pantai berada dekat dengan akses jalan provinsi sehingga tidak membutuhkan waktu lama untuk menuju obyek wisata ini.

Sejumlah fasilitas hiburan pendukung wisata pantai juga telah dibangun oleh masyarakat secara mendiri. Serupa dengan pantai Tanjung Jumlai, di sini juga tersedia sejumlah warung warga yang menyajikan kuliner seperti  jagung bakar, pisang gapit, ikan bakar dan es kelapa yang nikmat.

3. Pulau Gusung

Buat kamu penyuka olahraga selam atau diving, tempat ini cocok kamu kunjungi. Kabupaten PPU juga memiliki objek wisata pulau dengan timbunan pasir laut yang dikelilingi areal terumbu karang (coral reef) yang berada di kawasan Pantai Tanjung Jumlai namanya Pulau Gusung.

Di Pulau Gusung ini terdapat empat gugusan Pasir Gusung  dimana terdapat 56 jenis karang dan 47 jenis ikan, baik ikan yang dapat dikonsumsi maupun ikan hias.

Selain itu, di perairan Pulau Gusung juga terdapat salah satu jenis ikan langka yang dilindungi yaitu ikan napoleon. Menariknya, sekitar 80 persen terumbu karang yang ditemukan di kawasan Pulau Pusung adalah terumbu karang hidup yang langka dan kini sulit ditemukan.

4. Air Terjun Tembinus

Selain wisata bahari, Kabupaten calon IKN ini juga memiliki objek wisata alam lain yang gak kalah kece, yakni Air Terjun Tembinus atau biasa disebut Niagara Tembinus.

Lokasinya berada di Kecamatan Sepaku, tepatnya berada di wilayah Hak Guna Usaha PT ITCI Hutani Manunggal (IHM) dan masuk dalam kawasan lokasi IKN, tentunya sangat cocok bagi wisatawan yang memiliki jiwa petualang.

Untuk menuju ke Air Terjun Tembinus, wisatawan harus menempuh perjalanan sekitar 3 jam dari Kecamatan Penajam ibu kota kabupaten PPU dan melalui akses jalan milik perusahaan PT IHM.

5. Goa Tolu Liang

Goa Tolu Liang merupakan salah satu objek wisata gua yang berada di kawasan konservasi PT Sukses Tani Nusasubur (STN) di Desa Labangka Kecamatan Babulu.

Di dalam gua terdapat stalaktit dan stalakmit yang membentuk ornamen-ornamen sangat indah, juga memiliki aliran sungai dengan arus cukup deras dan jernih. Dari mulut goa sampai ujung gua telah difasilitasi dengan jalan masuk dan tangga terbuat dari kayu ulin, serta penerangan di dalam gua.

Pada kawasan konservasi ini juga terdapat tumbuhan-tumbuhan dan hewan yang dilindungi. Jenis-jenis flora yang terdapat di dalam kawasan konservasi seperti ulin, meranti, terap, bangeris, rotan, kaeiwaya, aren, dll.

Terdapat pula sejumlah jenis fauna seperti, elang brontok, elang bondol, karangkeng perut putih, rangkong gading, rangkong badak, srigunting, kucing hutan, rusa samabar, trenggiling, lutung merah, owa kelawat, beruang madu, monyet ekor panjang, monyet beruk dan  ular sanca.

Itulah sejumlah lokasi wisata kece di lokasi IKN Kabupaten Penajam Paser Utara yang menarik untuk dikunjungi pas liburan tahun baru. Tempat wisata mana dulu nih yang mau kamu kunjungi?

sumber: idntimes.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hiace & Bus
×