5 Komponen Penyebab Mesin Mobil ‘Overheat’

Transformasi 5 Generasi Honda Odyssey, Makin Nyaman dan Mewah
February 15, 2020
Destinasi Wisata di Kota Bontang yang Harus Kamu Kunjungi
February 17, 2020

Rajatransit, Rental Mobil Balikpapan – Pasti kesal rasanya saat mobil yang kita kendarai tiba-tiba mogok di tengah jalan. Selain karena faktor usia mobil yang sudah tua, mogok mesin bisa disebabkan oleh beberapa hal. Salah satu penyebab paling umum mobil mogok adalah karena mesin overheat.

Overheat adalah panas berlebih yang terjadi pada suhu mesin mobil, ini disebabkan oleh sistem pendingin mesin yang tidak bekerja sebagaimana harusnya. Namun, kejadian ini dapat dihindari jika kita memperhatikan komponen-komponen dari sistem pendingin mobil.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

1. Fisik radiator

Radiator berfungsi sebagai alat pendingin mesin mobil. Jika radiator bermasalah, semakin besar peluang mesin mobil overheat. Sangat penting untuk selalu memperhatikan kondisi fisik radiator, pastikan tutup reservoir tertutup dengan rapat.

2. Air radiator

Air radiator yang sudah berwarna coklat keruh sebaiknya harus segera dikuras. Untuk menjaga kondisi radiator tetap terjaga, usahakan jangan gunakan air yang terlalu banyak mengandung mineral zat besi (seperti air tanah). Kandungan mineral zat besi bisa menyebabkan karat pada radiator.

3. Selang radiator

Kondisi selang radiator yang sudah tidak layak dapat menjadi penyebab terjadinya overheat. Selang radiator yang sudah berusia tua bisa menciut bahkan bocor, ini dapat menyebabkan masuknya angin palsu ke dalam radiator.

Selain itu cegah juga selang radiator agar tidak memuai, karena ini bisa menyebabkan keluarnya uap air dari radiator yang pada akhirnya membuat air radiator akan lebih cepat habis.

4. Kipas mesin

Komponen lainnya yang berpengaruh pada sistem pendingin mesin adalah kipas mesin. Jika kipas berputar dengan pelan, segera periksa kondisi dinamo cooling fan serta sekring dan relay kipas itu. Pastikan bahwa tidak ada yang dalam kondisi meleleh.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

5. Thermostat

Thermostat juga bisa menjadi penyebab mesin mobil overheat. Thermostat yang tidak berfungsi dengan baik biasanya akan selalu menutup dan menyebabkan air tidak dapat bersikulasi normal kembali ke radiator. Oleh karenanya harus pastikan kondisi thermostat agar berfungsi dengan optimal.

Itulah beberapa komponen yang mesti diperhatikan untuk menghindari mesin overheat. Beberapa pemilik mobil memang masih kurang peka terhadap apa yang terjadi pada mobilnya sendiri.

Dengan rutin mengecek dan memperhatikan beberapa komponen utama di atas, tentunya pemilik mobil akan dapat menghindari masalah-masalah seperti mesin mogok karena overheat.

Rental mobil murah balikpapan, sewa mobil murah balikpapan, sewa mobil , rental mobil matic , rental mobil lepas kunci, rental mobil innova ,rental mobil avanza, rental mobil mewah , sewa wedding car, rental mobil fortuner, rental mobil alphard, rental mobil hiace, rental mobil xpander, rental mobil pajero sport, rental mobil triton, rental mobil xenia, rental bus pariwisata.

sumber: idntimes.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hiace & Bus