5 Jenis Buah Penambah Energi saat Puasa Ramadhan

AWAS MOGOK! Banyak Yang Gak Sadar, 4 Hal Ini Jadi Penyebab Mesin Mobil Overheat
April 1, 2022
Tips Pilih Ban Motor yang Tepat Agar Mudik Lebaran Aman dan Nyaman
April 11, 2022

Sudah hampir seminggu umat muslim di seluruh dunia menjalani ibadah puasa Ramadhan. Selama itu juga sudah banyak tantangan yang diarungi sebelum menginjak hari kemenangan Idul Fitri nanti. Ditambah lagi, ibadah puasa kali ini terasa berbeda karena menjalankannya ditengah pandemi COVID-19 yang menyebabkan susasana ibadah pun menjadi tak sama seperti tahun-tahun sebelumnya.

Puasa tak sekadar menahan lapar dan haus, kamu pun harus memperhatikan kesehatan agar tetap penuh energi selama menjalaninya. Salah satu caranya yaitu dengan mengatur pola makan seperti rajin mengonsumsi makanan berserat dan bergizi, kamu juga bisa mengonsumsi buah-buahan segar supaya puasamu tetap penuh energi.
Ada 5 jenis buah yang dapat kamu manfaatkan untuk menambah energi agar tidak lemas di siang hari saat menjalani ibadah puasa. Apa saja?

1. Semangka

Semangka menyimpan banyak kadar air mencapai 92 persen. Tak heran kamu akan merasakan segar saat memakannya. Selain itu, semangka juga mengandung banyak vitamin dan gula sehingga dapat menjaga kebugaran tubuh kamu.

2. Nanas

Sama seperti semangka, nanas memiliki kadar air yang tinggi sehingga dapat membuat tubuhmu tetap prima. Nanas mudah diolah, jadi kamu bebas mengonsumsinya dengan cara apapun. Salah satu rekomendasi yang dapat kamu lakukan yaitu dengan membuat jus dari buah ini. Buah berwarna kuning ini mengandung vitamin C yang berfungsi untuk mengurangi dehidrasi pada tubuh dan mempertahankan kekebalannya.

3. Kurma

Kurma identik dengan bulan Ramadhan. Meski demikian, buah berwarna coklat ini mengandung banyak manfaat bagi tubuh. Tingginya kadar gula dan kalori dapat mengembalikan energi yang telah hilang selama berpuasa. Kamu dapat memakan 3 buah kurma saat berbuka untuk mengembalikan gula darah ke titik normal.

4. Apel

Apel mengandung banyak vitamin di antaranya yaitu vitamin A, C, E, dan K yang dapat menangkal radikal bebas yang berusaha masuk ke dalam tubuh saat beraktivitas. Mineral yang terkandung dalam apel juga mampu mengembalikan energi dalam tubuh.

5. Anggur

Anggur memiliki kadar air yang tinggi sehingga mampu menghindari kamu dari dehidrasi. Buah kecil ini juga dapat menghindari kamu dari hiportemia.

Itulah lima buah-buahan yang dapat kamu kosumsi untuk mengstabilkan tubuh selama Ramadhan. Selain makan buah-buahan, kamu juga bisa melakukan olahraga kecil di dalam rumah agar kebugaran tubuhmu tetap terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hiace & Bus