5 Faktor Penyebab Ngantuk saat Berkendara

Tampak Bersih, 4 Spot di Dalam Mobil Ini Ternyata Rawan Kuman!
August 11, 2020
Jangan Panik, Ini Jarak yang Bisa Ditempuh Ketika Indikator Bensin E
August 12, 2020

Rajatransit, rental mobil Balikpapan – Mengantuk saat berkendara bisa mengakibatkan fokus yang hilang. Celakanya, Anda bisa mengalami kecelakaan yang fatal. Sebelum hal itu terjadi, ketahuilah penyebab dari munculnya rasa kantuk itu.

Lalu sebenarnya apa saja yang menyebabkan seorang pengemudi mengantuk di jalan? Berikut ulasannya seperti ditulis Nissan.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

Kondisi Tubuh Tidak Sehat

Larangan mengemudi saat tubuh tidak saat tidaklah main-main. Saat tubuh tidak sehat berbagai kemungkinan bisa terjadi pada Anda, mulai dari pusing bahkan pingsan secara tiba-tiba. Tak hanya itu, kondisi pun akan semakin buruk jika Anda pun sudah ada di bawah pengaruh obat. Rasa kantuk setidaknya menjadi bahaya utama yang akan Anda temui. Karena itu, sebaiknya Anda waspada terhadap kondisi tubuh saat ingin mengemudi.

Gangguan Tidur

Faktor lain yang bisa menyebabkan rasa kantuk saat mengemudi tak lain adanya gangguan tidur. Saat seseorang memiliki ritme tidur yang tidak teratur maka bisa menyebabkan gangguan tidur. Hal inilah yang nantinya bisa menyebabkan Anda mudah lelah dan mengantuk saat mengemudi.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

Pengaruh Minuman Keras

Hal lain yang bisa menyebabkan rasa kantuk adalah adanya pengaruh minuman keras. Pengaruh alkohol atau minuman keras pada setiap orang berbeda-beda, namun pada umumnya minuman keras bisa menyebabkan seseorang hilang kesadaran secara tiba-tiba karena mengantuk. Karena itulah, sebaiknya Anda tidak mengemudi jika sedang dibawah pengaruh minuman keras.

Jalanan Panjang dan Lurus

Selain faktor dari tubuh, faktor luar pun berpengaruh, salah satunya saat Anda mengemudi di jalanan yang panjang dan lurus. Jalan di daerah perkotaan tentu akan berbeda dengan jalan di daerah terpencil maupun jalan tol yang sepi. Jalanan yang panjang dan lurus membuat mengemudi bosan dan akhirnya mengantuk. Di saat seperti ini, sebaiknya Anda memiliki teman selama perjalanan untuk menemani mengemudi.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

Sirkulasi Udara Kabin Kurang Baik

Ketika mengendarai mobil, buka sedikit kaca mobil Anda. Sebab, rasa kantuk juga bisa saja disebabkan karena sirkulasi udara di dalam mobil yang kurang baik. Selain itu, kondisi ruangan mobil yang dingin juga akan membuat tubuh terlalu nyaman saat berkendara sehingga kantuk mudah menyerang.

Mengunyah permen karet juga bisa membantu. Cara ini bisa menurunkan kadar hormon stres yang akan membuat perasaan menjadi lebih tenang. Juga akan merangsang otot-otot di wajah Anda yang dapat meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, yang selanjutnya membuat Anda akan menjadi lebih konsentrasi saat berkendara.

sumber: medcom.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hiace & Bus