5 Destinasi Wajib Saat Pelesiran ke Tarakan

6 Cara Menjaga Warna Mobil agar Tetap Awet dan Mengilat Seperti Baru!
February 11, 2020
Samarinda, Pesona Khas di Sungai Mahakam
February 12, 2020

Rajatransit, Rental Mobil Balikpapan – Apa yang terlintas di kepala sobat travel saat mendengar nama Tarakan? Beberapa traveler mungkin hanya mengingat Tarakan sebagai tempat bertolak untuk pergi ke Kepulauan Derawan, setelah turun pesawat di Bandara Juwata. Padahal, kota terbesar di Kalimantan Utara ini sangat menarik untuk dijelajahi.

Kota Tarakan adalah kota terbesar di Provinsi Kalimantan Utara, Indonesia dan juga merupakan kota terkaya ke-17 di Indonesia. Kota Tarakan memiliki posisi yang strategis yaitu sebagai penggerak pertumbuhan wilayah Kalimantan Utara dan pintu gerbang kedua bagi Kalimantan Timur setelah Balikpapan, selain merupakan kota transit perdagangan antara Indonesia, Malaysia dan Philipina.

Meskipun menjadi kota bisnis, Tarakan juga bisa menjadi kota yang menarik dijelajahi untuk berwisata. Dan inilah beberapa tempat dan hal yang bisa dilakukan di kota tersebut.

Pantai Amal
Ingin berwisata pantai? Datanglah ke Pantai Amal. Ini adalah pantai paling populer di kota Tarakan. Lokasi Pantai Amal berada di Kecamatan Tarakan Timur. Pantai Amal sendiri terdiri dari dua pantai, Amal Baru, dan Amal Lama. Kedua pantai ini saling berdekatan dan menghadap ke timur sehingga menjadi tempat yang cocok untuk menikmati matahari terbit (sunrise).

cek harga rental mobil balikpapan di sini

Selain menikmati lautnya, kita juga bisa jajan seafood. Makanan laut yang khas di sini adalah kerang Kapa berwarna putih yang biasa disajikan dengan cara ditumis atau direbus lalu dipadukan dengan sambal jeruk.

Iraw Tengkayu
Jika ke Tarakan di Bulan Desember, kita bisa melihat perhelatan Iraw Tengkayu. Ini adalah upacara tradisional yang diadakan oleh masyarakat Suku Tidung di Tarakan, Kalimantan Utara. Festival ini berupa upacara ritual menghanyutkan sesaji ke laut. Larung laut ini biasanya dilakukan di Pantai Amal dan diadakan dengan beragam festival dan pertunjukan kesenian. Festival ini biasanya dilaksanakan setiap dua tahun sekali dan bertepatan dengan hari jadi Kota Tarakan.

Hidangan laut
Sebagai kota yang di kelilingi oleh laut, kota ini sangatlah mempunyai potensi kelautan yang demikian besar. Dan sumber daya inilah yang di manfaatkan oleh sebagian besar masyarakatnya untuk mencari nafkah sebagai nelayan dan petambak udang. Ini artinya ketika ke Tarakan kita bisa mencari beragam restoran dan tempat makan hidangan laut. Misalnya, ketika Pantai Awal, hidangan kerang Kapa bisa kita nikmati.

Di pusat kotanya, ada juga restoran terkenal Kaltara Fried Crab yang menyajikan kepiting soka goreng. Jangan lupa membeli ikan asin asal Tarakan sebagai oleh-oleh, yaitu Ikan Asin Pepija. Terbuat dari jenis Ikan Pepija, kuliner khas Tarakan ini dikenal juga dengan nama ikan asin tipis karena bentuknya yang tipis.

Museum Perang Dunia
Tarakan sempat menjadi kawasan yang diperebutkan oleh Belanda dan juga Jepang, Jadi tidak heran jika di pulau ini memiliki banyak peninggalan masa kolonial dan perang dunia ke dua. Sejumlah bungker peninggalan Belanda atau pun Jepang bisa ditemukan di beberapa lokasi, seperti di dekat bandara Juwata dan juga di Peningki Lama.

Untuk melihat sejarah penjajahan Belanda dan Jepang di Tarakan, kita juga bisa menyambangi Museum Perang Dunia yang lokasinya berada di kawasan Tarakan Islamic Center, di Kampung Empat. Berada di samping kanan Masjid Agung Baitul Izzah, museum yang berwarna putih ini terbagi menjadi dua bangunan utama yang sama persis sehingga kerap disebut dengan Museum Kembar.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

Hutan Mangrove dan Bekantan
Sebagai daerah yang didominasi perarian, pulau tarakan juga memiliki wisata hutan mangrove yang menawan. Kawasan hutan mangrove yang berada di dekat pusat kota ini unik, karena di sini kita tidak hanya bisa bersantai saja. Kita juga bisa melihat bekantan langsung di Kawasan Konservasi Mangrove dan Bekantan (KKMB). Datanglah pagi-pagi untuk melihat aktivitas paling aktif mereka. Saat mereka berebtu makanan dan berlompatan dari satu pohon ke pohon lain.

Banyak hal menarik di Tarakan. Pergi ke Tarakan bisa menggunakan pesawat dengan tujuan Bandar Udara Internasional Juwata. Dari bandara Juwata bisa meneruskan perjalanan menggunakan taksi bandara dengan tujuan kota Tarakan. Kita juga bisa naik angkutan umum Damri dari bandara ke kota. Angkutan kota di Tarakan yang bisa digunakan adalah taksi, angkutan kota, ojek dan rental mobil. Hotel di Tarakan beragam, mulai dari hotel budget hingga hotel bintang lima yang bisa kita pesan melalui online atau datang langsung.

Rental mobil murah balikpapan, sewa mobil murah balikpapan, sewa mobil , rental mobil matic , rental mobil lepas kunci, rental mobil innova ,rental mobil avanza, rental mobil mewah , sewa wedding car, rental mobil fortuner, rental mobil alphard, rental mobil hiace, rental mobil xpander, rental mobil pajero sport, rental mobil triton, rental mobil xenia, rental bus pariwisata.

sumber: pesona.travel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hiace & Bus