5 Cara Menyalakan Lampu Mobil Depan agar Berkendara Aman di Jalan

10 Tempat Wisata Dikenal Paling Horor di Jawa Timur, Berani ke Sini?
September 7, 2020
Ingin Test Drive Mobil Bekas, Perhatikan 5 Langkah yang Tidak Boleh Terlewat
September 9, 2020

Rajatransit, rental mobil Balikpapan – Salah satu hal penting dalam berkendara adalah lampu mobil depan. Lampu mobil depan digunakan untuk membantu visibilitas mengemudi terlebih saat berkendara di bawah hujan ataupun pada malam hari. Sahabat perlu tahu cara menyalakan fitur yang sederhana, namun penting ini.

Berikut ini adalah 5 cara menyalakan fitur lampu mobil depan.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

1. Temukan Kendali Lampu Depan

Biasanya tidak ada tempat standar panel lampu untuk semua mobil, namun ada beberapa titik yang biasa digunakan oleh produsen mobil. Panel lampu biasanya ada di panel dasbor atau stik kendali dibagian roda kemudi.

2. Kenali Posisi Tombol Mati

Perhatikan simbol apa yang menandai posisi ini serta letaknya di tombol putar, seperti apakah paling atas atau paling bawah. Biasanya posisi “mati” terletak pada sisi kiri jauh atau pada bagian bawah putaran. Simbol posisi ini umumnya ditandai dengan lingkaran terbuka atau kosong atau tulisan off.

3. Putar Tombol itu ke Simbol yang Tepat

Lampu besar atau utama dapat dinyalakan secara manual, yakni dengan memutar ujung dari tuas. Pegang tombol putaran itu dengan jari jempol dan telunjuk kamu, kemudian putar hingga tiba pada pengaturan yang tepat. Pengaturan-pengaturan ini akan ditandai dengan simbol-simbol yang berbeda. Setiap tiba pada pengaturan baru maka kamu akan mendengar suara “klik”.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

4. Cek Hasilnya

Jika kamu ragu, kamu bisa memeriksa kondisi lampu kamu dengan dua hal. Bisa minta bantuan dengan orang lain dengan cara berdiri di depan mobil ketika mobil sedang berhenti, lalu jangan lupa buka jendela. Supaya kita dengar suara dia apakah lampu kita menyala. Namun jika kamu sendiri bisa parkirkan mobilmu didepan garasi atau dinding, putar tombol putar lampu depan ini ke setiap posisi, lalu perhatikan bagaimana cahaya lampu depan. Apakah ada pantulan cahaya atau tidak, jika ada dipastikan lampu kamu menyala.

5. Ketahuilah Kapan Kamu harus Menggunakan Lampu Depan

Kamu juga harus perhatikan kapan kamu menyalakan lampu. Pada saat malam dan siang hari, kamu bisa gunakan lampu depan biasa ketika ada mobil lain di sekeliling kamu, tetapi gunakan lampu tembak ketika jalan sepi di malam hari. Selain itu, kamu bisa gunakan lampu saat kondisi cuaca buruk. Misalnya, saat hujan, kabut, dan ketika badai. Jangan gunakan lampu tembak karena cahayanya yang keras dan pantulan cahayanya dapat menyilaukan dan membahayakan pengendara lain.

sumber: daihatsu.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hiace & Bus
×