5 Cairan Yang Harus Diperiksa Sebelum Berpergian Jarak Jauh

Tips Membeli Suku Cadang Mobil dengan Harga Murah di Situs Belanja Online
October 14, 2019
Hindari! Cara Mengemudi Salah Bikin Mobil Cepat Rusak
October 19, 2019

Rajatransit, Rental Mobil Balikpapan Saat memasuki musim liburan atau waktu pulang kampung alias mudik banyak masyarakat Indonesia yang memanfaatkan waktu liburan bersama keluarga dan menggunakan kendaraan pribadi mereka seperti mobil.

Dalam perjalanan bersama keluarga tentunya tidak ingin terjadi hal-hal yang tidak kamu inginkan, kan. Makanya ada hal-hal yang harus kamu perhatikan khususnya dalam hal cairan pada mobil yang harus diperiksa sebelum kamu melakukan pergi jauh, lantas apa saja yang harus kita check? Simak terus artikel ini.

1. Air radiator

Komponen yang pertama dan sangat penting adalah air radiator, mengapa? Karena cairan ini merupakan cairan yang membuat mesin mobil kamu tetap dalam suhu yang stabil alias tidak membuat mobil kamu over heat.

Maka periksa volume cairan radiator pada mobil kamu sebelum kamu melakukan pergi jauh dan juga lebih baik bawa cadangan air radiator jika di tengah perjalanan air radiatormu berkurang.

2. Air aki jika menggunakan aki basah

Aki merupakan salah satu komponen mobil yang tidak kalah pentingnya, karena jika tidak ada aki maka mobil tidak dapat berjalan dan apalagi jika tidak ada air aki. Untuk mobil dengan aki basah periksa volume air aki dan kondisinya sebelum bepergian baik jarak dekat maupun jarak jauh karena aki yang airnya berkurang dapat merusak sistem kelistrikan, dan dijamin jia air aki kamu kurang mobil kamu tidak akan nyala.

3. Air wiper

Cairan yang ada pada komponen mobil lainnya dan juga perlu diperiksa sebelum melakukan perjalanan bersama keluarga yaitu air wiper. Air wiper ini memiliki peran penting dalam menjaga kebersihan kaca depan mobil dengan melalui semprotan dari wiper washer.

Makanya kenapa, sebaiknya selalu isi penuh air wiper pada mobil kamu, karena apabila melakukan perjalanan jauh apalagi saat kondisi musim hujan dan bisa membuat kondisi kacamu penuh bercak bekas air hujan, cairan air waiper ini sangat berperan penting dan bisa menjaga liburan keluarga kamu tetap nyaman dan aman.

4. Minyak rem

Cairan berikut ini merupakan cairan yang perannya sangat penting dalam setiap kendaraan kamu, yes itu adalah cairan minyak rem. Cairan ini merupakan cairan yang berfungsi untuk membuat pengereman pada kendaraan kamu bisa berfungsi maksimal.

Maka segera periksa jika di bawah batas normal, segeralah untuk di isi kembali minyak remnya dan pastikan tidak ada kebocoran pada bagian minyak rem ini yah.

5. Oli mesin

Nah ini hal yang paling penting dan kalau kamu abaikan bisa berakibat fatal. Yes, Oli mesin memiliki fungsi membuat performa dapur pacu dari komponen mobil menjadi maksimal. Makanya kenapa kamu wajib ganti oli secara rutin dan diperiksa kualitasnya sebelum pergi jauh untuk liburan bersama keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hiace & Bus
× Ada yang bisa kami bantu ?