5 Aturan Penggunaan Rem Mobil yang Wajib Diketahui, Apa Saja?

5 Tips Beli Velg Bekas Agar Tak Menyesal
March 17, 2020
Cegah Virus Corona Meluas, Ini Tempat Hiburan di Kota Balikpapan yang Akan Tutup Sementara
March 18, 2020

Rajatransit, rental mobil Balikpapan – Dengan banyaknya mobil yang dilengkapi anti-lock brakes (ABS), pengemudi hanya tinggal menginjak pedal rem tanpa perlu melakukan prosedur lainnya.

Jika kamu ingin tahu cara pengereman dan menghentikan mobilmu dalam jarak pendek tanpa kehilangan kontrol kendaraan, ikuti langkah-langkah berikut!

cek harga rental mobil balikpapan di sini

1. Injak pedal rem dengan cepat dan tenang

Di bawah kondisi normal, cara paling aman untuk menghentikan mobil adalah menekan pedal gas dengan cepat dan tenang, lalu secara bertahap tambah tekanan pada pedal rem sampai kendaraan benar-benar berhenti.

2. Jangan kehilangan kendali mobil karena pengereman

Jika dalam kondisi bahaya, kamu harus bisa menginjak pedal rem secepat mungkin. Tapi kamu juga harus coba menghindari roda mobil terkunci, karena memicu pengemudi kehilangan kendali atas kendaraannya.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

3. Dapatkan kembali kendali mobil jika selip

Jika kamu menginjak pedal rem dengan keras, mobil mungkin akan mengalami selip. Dalam kasus ini, kamu harus mengangkat kaki dari pedal rem dan memutar kemudi ke arah selip.

Sebagai contoh, jika roda belakang mobil selip ke arah kanan, kamu harus dengan tenang memutar kemudi juga ke arah kanan untuk mendapat kendali mobil lagi.

4. Tetap waspada meski mobil dilengkapi sistem rem ABS

Jika mobil dilengkapi dengan sistem ABS, kamu harus mengikuti petunjuk manual kendaraan. Jika dalam kondisi darurat, injak pedal rem dengan tenaga secukupnya dan jangan melepaskannya sampai mobil berhenti atau kecepatannya melambat.

Tapi harus diingat, bahkan jika mobilmu sudah dilengkapi sistem ABS yang menjaga kendali atas mobil, tidak menjamin mobilmu bisa langsung berhenti dalam jarak pendek.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

5. Waspada penurunan efektivitas rem mobil

Rem mobil terdampak oleh air. Jika kamu melakukan perjalanan melewati jalan berair, efektivitas rem mungkin akan menurun. Uji coba lagi rem dengan menginjaknya secara perlahan dan berulang-ulang, dengan melaju pada kecepatan rendah sampai kering.

Nah, itulah lima aturan penggunaan rem mobil yang harus kamu ketahui. Ikuti terus langkah-langkahnya dan berkendaralah dengan aman!

Rental mobil murah balikpapan, sewa mobil murah balikpapan, sewa mobil , rental mobil matic , rental mobil lepas kunci, rental mobil innova ,rental mobil avanza, rental mobil mewah , sewa wedding car, rental mobil fortuner, rental mobil alphard, rental mobil hiace, rental mobil xpander, rental mobil pajero sport, rental mobil triton, rental mobil xenia, rental bus pariwisata.

sumber: idntimes.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hiace & Bus
×