4 Penyebab Radiator Mobil Bermasalah, Cek Sebelum Bepergian!

5 Lokasi Wisata Alam Kece di Ibu Kota Negara, Penajam Paser Utara
January 2, 2020
5 Tip Mencuci Mobil Setelah Diguyur Hujan, Biar Gak Baret-baret
January 2, 2020

Memasuki libur panjang akhir tahun, sebagian besar orang memanfatkannya untuk bepergian menggunakan mobil. Sebab selain lebih fleksibel, bepergian dengan mobil bersama keluarga juga lebih murah dibandingkan naik pesawat.

Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum bepergian jarak jauh menggunakan mobil, yakni radiator. Sebab kalau sampai radiator bermasalah, mesin mobil bisa over heat.

Nah, berikut beberapa faktor yang menyebabkan kebocoran air radiator seperti dikutip dari Antara.

1. Umur radiator

Sama seperti komponen lainnya, radiator juga memiliki batas usia pemakaian. Umumnya radiator memiliki usia yang cukup lama. Jika terawat dengan baik umur radiator bisa mencapai 10 tahun.

Tapi, tak jarang juga 5 tahun pemakaian sudah bermasalah. Sebaiknya, segera ganti radiator kalau sudah mengalami keretakan atau kebocoran untuk menjaga kenyamanan saat berkendara.

2. Saluran radiator terhambat

Penggunaan air untuk radiator juga sangat penting. Jika kalian menggunakan air biasa dan tak rajin memperhatikan kondisinya, nantinya akan muncul kotoran yang bisa menghalangi jalur distribusi air radiator.

Ketika distribusi air terhambat, panas dari mesin tidak bisa disalurkan ke elemen pelepas panas radiator. Ada baiknya, selalu cek kondisi radiator setiap 30.000 km atau 40.000 km, agar radiator tetap dalam kondisi prima dan maksimal kinerjanya.

3. Terkena benda asing

Biasanya, agar radiator bisa menangkap udara segar, komponen ini diposisikan di depan mesin, dengan kisi-kisi atau grill yang terbuka.

Tetapi, hal tersebut menimbulkan risiko radiator terkena batuan kerikil atau hewan-hewan yang terbang. Ketika bal itu terjadi, sangat memungkinkan kisi-kisi atau dinding radiator rusak dan akhirnya muncul kebocoran.

4. Komponen karet dan plastik yang mudah retak

Posisi radiator yang berdekatan dengan panas mesin, membuat komponen pendukung lain berisiko terkena dampaknya, seperti selang radiator yang terbuat dari karet, serta tabung reservoir yang terbuat dari plastik.

Tabung plastik yang terkena panas terus menerus bisa memicu keretakan dan akhirnya menyebabkan kebocoran pada sistem radiator.

Oleh karena itu, jangan hanya fokus pada radiatornya saja, perhatikan juga komponen pendukung lainnya!

sumber: idntimes.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hiace & Bus
×