3 Keunggulan Mesin Diesel untuk Kendaraan Niaga

Mobil Overheat di Jalan Tol, Apa yang Harus Dilakukan?
October 20, 2020
Lampu Mobil Kurang Terang, Mungkin 5 Komponen ini Penyebabnya
October 22, 2020

Rajatransit, rental mobil Balikpapan – Mungkin Anda bertanya mengapa mesin diesel sangat diandalkan untuk kebutuhan kendaraan niaga, inilah 3 keunggulan mesin diesel untuk kendaraan komersial

Nyaris semua kendaraan komersial mengandalkan mesin tanpa busi ini untuk menemani kegiatan para pengusaha. Mungkin ini membuat Anda bertanya-tanya, mengapa mesin diesel sangat diandalkan untuk kebutuhan kendaraan niaga? Supaya tak penasaran, inilah 3 keunggulan mesin diesel untuk kendaraan komersial menurut Isuzu Indonesia dalam postingan di official instagram mereka:

1. Menghasilkan Torsi yang Lebih Besar

Keunggulan utama mesin diesel adalah mampu menghasilkan torsi yang lebih besar dari mobil bensin. Contoh, meski sama-sama berkubukasi 2.500 cc, mesin diesel jauh lebih bertorsi dibandingkan mesin bensin. Misalnya di mesin SKYACTIV-G 2.5L bawaan Mazda CX-5, torsi yang dihasilkan adalah 251 Nm. Bandingkan dengan mesin diesel 2.500 cc misalnya 4JA-1L yang diusung Panther dan Isuzu Traga, torsinya memang hanya 19,5 Kgm atau sekitar 191 Nm.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

Secara angka, kelihatannya memang lebih besar mesin bensin, tapi tunggu dulu. Untuk mencapai torsi 251 Nm, mesin bensin Mazda CX-5 tersebut membutuhkan putaran mesin 3.250 rpm. Sementara, mesin 4JA-1L di Traga hanya butuh rotasi mesin 1.800 rpm untuk mencapai 191 Nm. Alhasil, effort untuk menggerakkan mobil lebih mudah di Isuzu Traga, sebab dengan putaran mesin lebih rendah torsi maksimum sudah tercapai.

2. Material Mesin Diesel Lebih Kuat

Kelebihan kedua yang menyebabkan mengapa mesin diesel lebih dipilih dibandingkan dengan mesin bensin adalah materialnya. Material atau bahan yang digunakan untuk membuat casting mesin baik itu cylinder head maupun engine block jauh lebih kuat dari mesin gasonline. Oleh sebab itu tak heran, bobot dari mesin diesel sebelum diisi cairan oli maupun coolant biasanya lebih berat dari mesin berbahan bakar bensin.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

Hal tersebut lantaran mesin diesel mendapat tekanan yang lebih kuat dibandingkan mesin bensin saat memproses tenaga. Meskipun sama-sama menganut prinsip pembakaran empat langkah yang dimulai dari langkah isap, langkah kompresi, langkah tenaga, dan langkah pembuangan (exhaust), tetapi mesin diesel bekerja lebih berat tanpa adanya busi yang memercikkan api. Api bisa menyala karena proses tekanan pembakaran diesel itu sendiri, tak heran butuh material yang lebih kuat.

3. Tangguh Dan Berdurasi Lama

Terakhir yang menjadi kelebihan mesin diesel dibandingkan bensin adalah ketangguhannya. Coba cek kendaraan-kendaraan yang digunakan untuk kebutuhan niaga, seperti truk, pick up, bus, dan sebagainya, semua menggunakan mesin tanpa percikan busi itu. Selain itu mesin diesel juga mudah dalam hal perawatan, meski sering kali tidak lebih murah dibandingkan mesin bensin.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

Durasi lama juga menjadi keunggulan mesin-mesin diesel bila dibandingkan dengan mesin bensin. Maksudnya mesin diesel mampu tahan banting bekerja dengan durasi yang lama. Semakin panas suhu mesin diesel maka performanya cenderung akan semakin baik berbeda dengan mesin bensin yang harus menjaga suhunya agar tetap ideal saat bekerja. Maka tak heran atas berbagai kelebihan tersebut mesin diesel sangat difavoritkan untuk usaha.

sumber: cintamobil.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hiace & Bus