10 Kegiatan Menghibur Saat Karantina Mandiri Selain Tidur

Daihatsu Ayla Facelift 2020 Segera Meluncur, Semakin Canggih
March 19, 2020
Cara Menangani Masalah-Masalah Umum Pada Wiper Mobil
March 20, 2020

Rajatransit, rental mobil Balikpapan – Ramai beredar video viral penduduk Italia yang bernyanyi sampai memainkan alat musik dari balkon rumahnya selama masa karantina mandiri di tengah wabah virus corona COVID-19.

Banyak netizen yang merasa iri dengan keadaan tersebut, karena tidak semua orang punya rumah dengan balkon untuk menghirup udara segar.

Pemerintah Indonesia memang belum menerapkan lockdown, namun tidak ada salahnya mengkarantina diri sendiri jika punya kesempatan, guna memperkuat daya imun tubuh.

Walau jalanan terlihat sepi dan sejumlah tempat hiburan masih beroperasi, sebaiknya hindari keluar rumah untuk kegiatan yang kurang perlu.

Bagi yang berencana menjalani karantina mandiri di rumah, berikut sejumlah hal yang bisa dilakukan selain tidur:

cek harga rental mobil balikpapan di sini

1. Menonton

Ada banyak akses menonton tayangan saat ini. Selain televisi, bisa juga berlangganan tayangan streaming seperti Netflix atau HBO GO.

Kalau bingung dengan alogaritma video di Youtube, bisa juga mengunduh aplikasi Neverthink yang merupakan kurasi dari video-video di Youtube.

Yang liburannya terpaksa terganggu karena wabah virus corona mungkin bisa menonton video-video soal destinasi wisata yang bertebaran di internet.

Jangan paksa diri menonton tayangan yang membuat stress, karena pikiran tetap harus positif di tengah ketidakpastian ini.

2. Membaca

Sama seperti menonton, bahan bacaan selama masa karantina mandiri juga tidak perlu yang bertema terlalu berat.

Komik, buku foto, novel grafis, sampai unggahan kocak dari akun meme sangat bisa dijadikan hiburan.

3. Hiburan telinga

Jika mata bosan dihibur oleh film atau buku, bisa juga gantian menghibur kuping dengan mendengarkan podcast atau buku audio.

Ada banyak podcast yang menarik di Spotify, salah satunya Catch and Kill karya Ronan Farrow, yang diproduksi mirip sandiwara radio.

Bisa juga mendengarkan buku melalui Audible sehingga mata tidak lelah.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

4. Meditasi dan hypnosis

Masa karantina mandiri bisa digunakan sebagai momen meditasi dan hypnosis agar lebih mengenal karakter diri sendiri. Tidak perlu ngoyo, meditasi dan hypnosis bisa dilakukan mulai dari 5 menit per hari.

Unduh aplikasi meditasi dan hypnosis seperti Headspace, Calm, Insight, atau Simpe Habit.

Kalau malas mengunduh aplikasi, ada banyak program meditasi dan hypnosis di Youtube dan Spotify yang bisa dicoba.

5. Olahraga

Olahraga tetap bisa dilakukan di rumah, apalagi yang memiliki hunian dengan halaman terbuka.

Sama seperti meditasi dan hypnosis, ada banyak video olahraga yang bisa dijadikan panduan di Youtube.

Siapa sangka ternyata ada banyak gerakan olahraga yang mudah dan bisa dilakukan tanpa peralatan rumit.

6. Memasak

Melatih diri memasak bisa dilakukan saat ini. Ada banyak resep di internet yang bisa dicoba, mulai dari resep lokal sampai internasional.

Yang lagi ramai dicoba ialah resep membuat kue tanpa oven dan yang hanya mengandalkan rice cooker.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

7. Bersih-bersih

Tak hanya menyapu, mengepel, atau mencuci piring. Kegiatan bersih-bersih juga bisa dilakukan untuk lemari pakaian, kamar mandi, dapur, atau kendaraan pribadi.

Meniru cara Marie Kondo, alangkah indahnya punya rumah tanpa tumpukan barang.

Jika ruangan sudah bersih, bisa melanjutkan kegiatan bersih-bersih ke folder email, dokumen, dan foto dalam telepon genggam.

8. Main

Main kartu, monopoli, puzzle, atau permainan lainnya bisa dilakukan selama masa karantina mandiri. Tak hanya mengusir bosan, melakukan permainan semacam ini juga bisa melatih fokus dan kesabaran.

Bagi yang punya anak kecil, bisa juga mengajarkan permainan tradisional kepada mereka.

9. Melakukan donasi

Kalau ingin melakukan donasi dalam bentuk uang atau barang bagi mereka yang terdampak wabah virus corona, seperti ke panti jompo, usahakan melalui badan atau komunitas yang resmi sehingga bantuan bisa sampai ke orang yang tepat.

Banyak tempat makan – terutama yang dikelola secara independen, yang masih buka namun mulai kehilangan pembeli akibat sepinya kota. Tidak ada salahnya membantu usaha mereka dengan melakukan pembelian dengan sistem pesan antar, sehingga mereka tetap mendapat pemasukan.

10. Telepon keluarga atau teman

Jangan hanya sesama netizen saja yang diingatkan untuk waspada virus corona, tapi juga keluarga dan teman.

Banyak anggota keluarga yang sudah menua dan sering mendapat informasi yang kurang tepat mengenai virus corona. Luangkan waktu untuk menghubungi mereka dan memberi tahu informasi yang tepat.

Ingatkan para lansia untuk menjaga kesehatan, sehingga tidak tertular dengan mudah.

(ard)

Rental mobil murah balikpapan, sewa mobil murah balikpapan, sewa mobil , rental mobil matic , rental mobil lepas kunci, rental mobil innova ,rental mobil avanza, rental mobil mewah , sewa wedding car, rental mobil fortuner, rental mobil alphard, rental mobil hiace, rental mobil xpander, rental mobil pajero sport, rental mobil triton, rental mobil xenia, rental bus pariwisata.

sumber: cnnindonesia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hiace & Bus