10 Desa Terbaik di Indonesia, Gak Kalah Sama Luar Negeri Lho!

10 Tempat Paling Romantis Untuk Solo Traveler
December 12, 2019
8 Tips Mudah Snorkeling untuk Pemula, Anak-anak Juga Saja Bisa Lho!
December 13, 2019

Rajatransit, Rental Mobil Balikpapan – Dari banyaknya desa di Indonesia, inilah 10 wisata desa yang bisa menjadi referensi liburanmu.

1. Desa Pujon Kidul, Kabupaten Malang, Jawa Timur

Desa ini mampu menghadirkan beragam pemandangan alam yang memukau. Kamu bisa melihat panorama indah, seperti gunung, sawah, air terjun. Selain itu, Desa Pujon Kidul juga dikenal sebagai desa agrowisata terbaik.

Desa Pujon Kidul berada tepat di atas kawasan Payung, Batu, atau 29 kilometer dari pusat kota Malang. Kamu bisa mengunjungi pengolahan susu sapi, budi daya tanaman obat keluarga, air terjun Sumber Pitu, Kafe Sawah, kebun buah, dan masih banyak lagi.

2. Desa Pariangan, Tanah Datar, Sumatra Barat

Menurut legenda, Desa Pariangan merupakan tempat pertama orang Minangkabau menetap. Desa Pariangan termasuk dalam daftar lima desa terindah di dunia versi Budget Travel disandingkan dengan empat desa lainnya. Yakni Desa Wengen di Swiss, Eze di Prancis, Niagara on the Lake di Kanada, dan Cesky Krumlov di Ceko.

Desa indah ini menawarkan suasana tenang dengan segala pesona alamnya yang memukau. Kamu bisa melihat beragam tempat tinggal tradisional yang terawat baik, sebuah masjid tua besar, dan pemandangan sawah serta sungai.

3. Desa Argapura, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat

Desa Argapura mempunyai panorama pertanian atau perkebunan yang sungguh memesona. Keindahan terasering Argapura tidak kalah menarik dibandingkan Bali, bahkan Vietnam atau Thailand.

Bagian barat, kamu akan dimanjakan dengan pesona keindahan lembah Cilongkrang. Sedangkan bagian timur, kamu bisa melihat Gunung Cermai dengan ketinggian antara 3.078 meter di atas permukaan laut. Mayoritas hasil bumi unggulannya adalah bawang daun, padi, ubi, bawang merah dan sebagainya.

4. Desa Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat

Kawasan Lembang merupakan salah satu daerah dataran tinggi yang terkenal di Indonesia. Hal ini karena Lembang menawarkan aneka wisata alam asri, udara sejuk, dan pemandangan alam yang hijau.

Saking banyaknya tempat wisata, kamu tak akan bosan untuk terus berkunjung ke sini. Dari tempat wisata yang romantis hingga ekstrem hampir semuanya ada. Beberapa tempat wisata yang terkenal adalah Gunung Tangkuban Perahu, Kampung Gajah, Curug Malela, dan lain-lain.

5.  Desa Kersik Tuo, Kabupaten Kerinci, Jambi

Desa ini menjadi salah satu gebang utama menuju Gunung Kerinci. Kersik Tuo merupakan jalur resmi yang paling banyak diminati para pendaki, karena lebih mudah dibandingkan Solok. Selain itu, kamu bisa menikmati panorama desa dengan latar pemandangan Gunung Kerinci.

Di Desa Kersik Tuo terdapat beragam basecamp pendakian yang buka 24 jam. Sambil istirahat dan menyiapkan barang, kamu bisa mencari guide atau porter pendakian dengan harga sekitar Rp250 ribu per hari.

6. Desa Sungai Nyalo, Painan, Sumatra Barat

Desa Sungai Nyalo dikenal Sebagai salah satu desa dengan perkembangan tercepat. Desa ini bisa kamu temukan di Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

Kamu bisa menikmati keindahan wisata pantainya seperti pantai Carocak yang masih alami dan asri. Selain itu ada bukit Mandeh yang menawarkan pemandangan batu-batu berbentuk pulau.

7. Desa Madobak, Mentawai, Sumatra Barat

Desa Madobak mempunyai keragaman budaya tradisional yang unik sebagai daya tarik utamanya. Terdapat rumah tradisional yang dikenal dengan Uma. Ada juga upacara tradisionalnya yang dipentaskan Sikerei atau Shaman.

Wisata alamnya yang paling terkenal adalah air terjun Kulu Kubuk yang sangat segar. Air terjun ini memiliki dua tingkatan dengan tinggi 70 meter. Untuk bisa sampai ke desa, kamu harus melewati perjalanan panjang mulai dari Muara Siberut, lalu mengambil rute Purou-Muntei-Rokdok-Madobak-Ugai-Butui-Matotonan.

8. Desa Teluk Meranti, Pelalawan, Riau

Desa ini begitu terkenal di kalangan para peselancar di seluruh dunia. Desa yang dibelah aliran Sungai Kampar dengan panorama berupa dataran rendah berawa-rawa.

Daya tarik utamanya adalah ombak Bono di Sungai Kampar yang membuat kamu bisa berselancar sangat lama. Ombak Bono merupakan suatu fenomena alam akibat adanya pertemuan arus sungai menuju laut dan arus laut yang masuk ke sungai akibat pasang.

9. Desa Bontagula, Bontang, Kalimantan Timur

Desa ini telah meraih penghargaan dari Eko Sandjojo, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Indonesia ke-6 sebagai Desa Wisata Maritim terbaik. Hal ini membuktikan bahwa desa industri ini bisa menjadi salah satu tempat wisata andalan.

Posisi Bontang yang diapit laut, membuat bibir pantainya sangat indah. Selain itu, kamu bisa melihat aktivitas warga pesisir pantainya.

10. Desa Waturaka, Ende, Nusa Tenggara Timur

Desa Waturaka berlokasi di bawah kaki Gunung Kelimutu yang terkenal dengan danau tiga warnanya.  Selain mengandalkan keindahan dan keunikan alam, seperti wisata air terjun dan air panas, Desa Waturaka juga mengedepankan nilai-nilai budaya.

Wisatawan yang berkunjung akan tinggal di rumah penduduk, lalu melakukan kegiatan layaknya keseharian warga desa. Kamu akan melihat pemandangan bule yang mencangkul di ladang, mengangkat batu untuk bangunan rumah, hingga mengajar Bahasa Inggris di sekolah.

sumber: idntimes.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hiace & Bus
×